Home » Internasional » Pelaku Penusukan Massal dalam Mal di Sidney Pria 40 Tahun

Pelaku Penusukan Massal dalam Mal di Sidney Pria 40 Tahun

Jakarta – Lima orang tewas dalam insiden penusukan massal di mal Westfield Bondi Junction, Sydney, Australia. Pelaku juga tewas ditembak polisi. Pelaku diketahui berusia 40 tahun.

Dilansir The Guardian, Sabtu (13/4/2024) polisi mengatakan penyerangnya adalah pria berusia 40 tahun, namun identitasnya tidak diungkapkan.

Komisaris polisi Karen Webb mengatakan bahwa polisi yakin mereka mengetahui siapa penyerangnya. Namun pihaknya masih menunggu untuk mengidentifikasi dia secara resmi.

“Malamnya, kami mengetahui siapa pelakunya dan kami yakin dia adalah pria berusia 40 tahun. Namun, kami menunggu untuk mengidentifikasinya secara resmi dan kami belum dapat membicarakan identitasnya,” katanya.

Webb mengatakan bahwa penyerangnya – jika memang itu adalah orang yang diyakini polisi – diketahui oleh polisi, dan mereka tidak takut jika penyerang tersebut mempunyai motif ideologis.

“Kami menunggu untuk mengkonfirmasi identitasnya dan jika itu adalah orang yang kami yakini, kami tidak takut dengan orang yang memiliki ideologi tersebut. Dengan kata lain, ini bukan insiden terorisme,” ungkapnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese juga meminta agar warga tak berspekulasi terkait motif.

“Saya pikir komisioner AFP telah menjelaskan bahwa spekulasi… tidak akan membantu pada saat ini, kita harus mengizinkan para penyelidik untuk melakukan pekerjaan mereka…” katanya.

Dia mengatakan motif penusukan massal ini belum diketahui. Informasi lebih lanjut akan disampaikan nanti.

“Saya juga telah berdiskusi malam ini dengan direktur jenderal ASIO. Motifnya saat ini masih belum diketahui dan kami tentu saja akan terus memberikan informasi terbaru kepada publik Australia seiring dengan semakin banyaknya informasi yang diketahui,” ungkapnya.

Untuk diketahui, penusukan ini terjadi di Bondi Junction yang dekat Pantai Bondi, Sydney. Kejadian terjadi pada Sabtu (13/4) sore. Ada lima korban penusukan yang tewas. Sedangkan pelaku penusukan tewas ditembak polisi saat naik ke lantai 5 mal.***

x

Check Also

UNESCO Anugerahkan Penghargaan Kebebasan Pers Dunia pada Jurnalis Palestina

UNESCO memberikan Penghargaan Kebebasan Pers Dunia kepada jurnalis Palestina yang meliput Gaza dalam keadaan dramatis. ...