Home » Internasional » Hubungan Dagang Disetop Turki, Israel Bakal Sulit Dapat Barang Ini

Hubungan Dagang Disetop Turki, Israel Bakal Sulit Dapat Barang Ini

Turki telah menghentikan semua transaksi ekspor dan impor terkait dengan Israel sebagai respons terhadap situasi kemanusiaan yang memburuk di Gaza. Kebijakan ini akan berlaku sampai Israel mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke jalur Gaza.

Kementerian Perdagangan Turki menyatakan bahwa langkah ini termasuk menghentikan ekspor dan impor semua produk terkait Israel. Sebelumnya, hubungan dagang antara kedua negara telah berlangsung lama, dengan perjanjian perdagangan bebas yang ditandatangani pada tahun 1996.

Menurut Institut Statistik Turki, ekspor Turki ke Israel mencapai nilai US$ 5,4 miliar pada tahun 2023, sementara ekspor Israel ke Turki bernilai US$ 1,6 miliar. Gangguan perdagangan ini diprediksi akan berdampak signifikan pada sektor konstruksi Israel, yang sangat bergantung pada impor beberapa jenis produk konstruksi dari Turki.

Israel mengimpor sekitar 70% bahan konstruksi besi dan sekitar sepertiga kebutuhan semen dari Turki. Hal ini akan menghadirkan tantangan besar bagi Israel dalam mencari alternatif lain, karena biaya yang lebih tinggi dan waktu yang dibutuhkan untuk menemukan pengganti.

Selama 27 tahun terakhir, ekspor Turki ke Israel telah meningkat secara signifikan, sedangkan ekspor Israel ke Turki juga menunjukkan peningkatan. Namun, langkah Turki untuk menghentikan hubungan dagang dengan Israel dapat memicu perubahan dalam dinamika perdagangan global yang memerlukan penyesuaian strategi bagi kedua negara.

 

 

sumber : detik.com

2024-05-04
Previous: Pencegahan Korupsi di Sektor Pendidikan Belum Siginifikan
Next: Inilah Sosok Suami Mutilasi Istri di Ciamis, Daging Korban Dibagi ke Warga, Aksi Sadisnya Terekam
x

Check Also

WFP Sebut Kelaparan Massal Terjadi di Gaza Utara

Program Pangan PBB (WFP) memperingatkan terjadinya kelaparan massal di wilayah Gaza utara. Badan dunia tersebut ...

Exit mobile version