Home » Advertorial » Gadai Emas di BRK Syariah, Solusi Cerdas Penuhi Kebutuhan Pendidikan Anak
Sosialisasi Produk BRK Syariah di SMP 2 Muhammadiyah Pekanbaru dari Tim BRK Syariah Arifin Ahmad (Foto: Sekper BRKS)

Gadai Emas di BRK Syariah, Solusi Cerdas Penuhi Kebutuhan Pendidikan Anak

PEKANBARU – Tahun ajaran baru bagi dunia pendidikan akan segera dimulai pada Juli mendatang. Momen ini tentunya akan banyak pengeluaran dana mendadak bagi para orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya sekolah ataupun membeli perlengkapan kebutuhan anak di kelas selanjutnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BRK Syariah Pekanbaru Arifin Ahmad menawarkan gadai emas (Rahn) dengan proses mudah, cepat dan ujrah yang sangat terjangkau.

Branch Manager BRKS Pekanbaru Arifin Ahmad, Marwan Setiadi melalui Pgs Team Leader Pembiayaan Konsumer (Rahn), Jumitun mengatakan Produk Pembiayaan Emas (Rahn) ini memberikan solusi untuk kebutuhan dana masyarakat. Terutama dalam memasuki tahun ajaran baru ini, banyak dana yang dikeluarkan pendidikan anak-anak.

“Rahn dalam istilah syariah, dijelaskan para ulama dengan ungkapan, menjadikan harta benda sebagai jaminan utang untuk dilunasi dengan jaminan tersebut ketika tidak mampu melunasinya. Sistem transaksi utang piutang dengan gadai diperbolehkan dalam Islam karena ada dalil-dalil dari Al Qur’an, Sunnah, dan ijtihad yang menjadi landasan. Jadi tidak perlu ragu lagi dalam bertransaksi gadai syariah. Dengan biaya penyimpanan emas (ujrah) yang terjangkau, proses mudah dan cepat itu hanya ada di BRK Syariah,” kata Jumitun, Minggu (16/6/2024).

Dijelaskan Jumitun, BRK Syariah menyediakan pembiayaan Rahn Emas (Gadai Emas) dengan limit maksimal sebsar Rp250 juta dengan jangka waktu paling lama 4 bulan. Biaya penyimpanan emas (ujrah) yang ditawarkan sangat murah, hanya Rp.6.000 per gram/bulan. Tidak ada biaya administrasi selain sewa penyimpanan dan materai.

“Informasi terkait produk Rahn ini juga kita sampaikan kepada para guru-guru Guru SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru bersamaan dengan kegiatan Sosialisasi Tabungan Simpel dan Tabungan Sinar Belia pada Kamis lalu.  Produk pembiayaan ini ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan dana untuk tujuan serba guna atau produktif maupun konsumtif dengan menggadaikan barang berupa emas lantakan (batangan) 24 karat maupun emas perhiasan dengan kadar 18 sampai 24 karat,” ujarnya lagi.

Sebagai informasi kepada masyarakat Riau dan Kepri, produk Rahn ini ada 15 unit kantor BRK Syariah yang tersebar di wilayah Riau dan Kepri. Untuk wilayah, Riau ada di kantor BRK Syariah Pasir Pangaraian Pasar Lama, Siak Perawang, Bengkalis Duri Sudirman, Kuansing Sungai Sirih, Pekanbaru Rumbai, Pekanbaru Delima Panam, Tembilahan Pasar Baru, dan Pekanbaru Arifin Ahmad.

Sedangkan untuk di wilayah Kepri ada di kantor BRK Syariah Ranai, Anambas Tarempa, Lingga Dabo Singkep, Batam Botania, Karimun Ahmad Yani, Batam Tiban dan Tanjungpinang Pamedan. Produk Rahn BRK Syariah ini juga bisa diperpanjang setelah masa jatuh tempo berakhir paling lama 4 bulan, dengan syarat nasabah datang kembali ke bank untuk mengajukan permohonan perpanjangan dengan taksir emas yang digadai kembali.

Dalam waktu bersamaan, BRK Syariah Pekanbaru Arifin Ahmad melakukan Sosialisasi dan Literasi Keuangan dalam rangka mendukung program KEJAR Award 2024 yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain mengkampanyekan tabungan Simpel dan Sinar Belia, Tim Dana 3 BRK Syariah Arifin Ahmad juga memaparkan produk Tabungan Umroh dan Haji Muda.

“Kami juga memberikan informasi tabungan dan produk Bank Riau Kepri Syariah kepada mejelis Guru di SMP tersebut, seperti Tabungan Prioritas, Deposito, Tabungan Dhuha/Dhuha Terencana, Sinar Kurban, Sinar Pendidikan, serta Program yang ada di BRKS seperti Bedelau langsung maupun bedelau koper. Target kita untuk sekolah ini 200 siswa. Para guru dan siswa/i di SMP Muhammadiyah 2 sangat antusias selama acara berlangsung. Guru sangat senang ada Bank yang sosialisasi terkait tabungan dan pembiayaan emas (Rahn),” kata Koordinator FO Tim Dana 3 BRKS Pekanbaru Arifin Ahmad, Erlina Risman.

Bersama tim diantaranya Didik Aprialdi, Berry Rahmat, Mutia Oktariza, Nindia Leoni Akmala, Fabel Maulana dan Jumitun (Pgs. Team Leader Pembiayaan Konsumer (Rahn) BRKS Arifin Ahmad, kegiatan ini berlangsung di dua tempat yakni di Mushola SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru dan ruang Majelis Guru SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru pada Kamis (13/6/2024)

Kepala SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Novral Evendri, S.Pd mengatakan dari kegiatan yang berlangsung di sekolah ini maupun sekolah lainnya di Pekanbaru, pihak sekolah melihat komitmen BRK Syariah dalam mendukung program KEJAR OJK ini. BRKS Pekanbaru Arifin Ahmad memberikan edukasi dan sosialisasi terkait literasi keuangan kepada sekolah sekolah yang ada di Pekanbaru.

“Kami menyambut baik kegiatan ini, saya merasa ini sangat positif sekali. Kerena akan mendidik anak kita untuk menabung sejak dini. Target kita, dari 312 peserta didik di SMP Muhammadiyah ini, 80 persennya bisa membuka rekening di BRK Syariah. Kami yakin, dengan perencanaan keuangan yang baik akan membantu kita dalam mencapai tujuan finansial dengan lebih mudah dan sesuai dengan prinsip syariah,” kata Novral. (ADV)

x

Check Also

Courtesy Meeting dengan Kementerian Keuangan RI, BRK Syariah Bahas Sinergi dan Optimalisasi Keuangan Syariah Melalui Sukuk Negara

PEKANBARU – PT Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) atau yang lebih dikenal dengan BRK Syariah menerima kunjungan Courtesy ...